Alur Pendaftaran Pasien Baru BPJS di RS HGA (Hasanah Graha Afiah)


Disini saya mau berbagi pengalaman saya sebagai seorang pasien BPJS (sebenarnya nenek saya yang berobat sih). Karena saya tipe orang yang cari informasi dulu sebelum ngapa-ngapain, dan ngerasa rada susah aja buat dapetin informasi yang kadang kita kira sepele tapi sebenernya ngebantu banget. Ya semoga tulisan saya ini bisa menjadi gambaran dan ngebantu kalian yang mau berobat juga ya :)
Sebenernya berobat pake BPJS tuh ngga ribet-ribet amat tapi ya ngga gampang-gampang amat ya. Karena kalau kita ikutin alurnya dengan bener, pasti bakalan lancar-lancar aja. Dan dengan catatan, pasien, tenaga medis dan non medis sama-sama kooperatif. 
Jadi saya itu, nenek saya tepatnya, merupakan pasien rujukan dari Klinik Pala Medika di Depok. Karena nenek saya mau periksa mata jadi harus di rujuk ke RS HGA. 


Gimana aja tahapnya, nih ya saya sebutin satu-satu.

Pertama, dari klinik kita bakal dikasih surat rujukan ke Rumah sakit. Surat rujukan ini adalah kunci, dan bener-bener ngga boleh ilang selama masa kita berobat. 
Setelah diberikan surat rujukan sebaiknya langsung di fotocopy, banyaknya bisa 10 atau bahkan lebih (tergantung kebutuhan nantinya)


Kedua, setelah dari klinik kita bisa langsung ke rumah sakit rujukan, pada kasus nenek saya ini adalah RS HGA. 
Hal yang perlu dibawa adalah surat rujukan asli dan fotocopy, KTP asli dan fotocopy, kartu BPJS kesehatan asli dan fotocopy. 
Kalau persyaratan sudah dibawa semua insyaalloh kita ngga akan repot lagi nanti pas urus. 
Setelah sampai di RS kita akan dipandu security untuk ke pendaftaran. Kita jelasin aja tujuan kita mau ngapain, nanti bapak security ini yang akan kasih arahan. 
Waktu saya kemarin, setelah sampai saya disuruh tunggu sebentar di tempat yang telah disediakan untuk melakukan registrasi. 
Untuk lama waktunya sih lumayan ya, karena pasien yang membludak jadi ya harus sabar-sabar aja. Hehe
Dari security ini saya dipandu untuk masuk antrian pendaftaran.


Ketiga, di bagian pendafataran ini saya antreenya duduk, jadi ngga cape-cape banget karena ngga diri.
Setelah bagian kita maju, kita serahin berkas yang sudah disiapkan sebelumnya. Oiya, penting banget buat bawa map atau envelope holder atau apalah itu buat naro berkas-berkas kita supaya ngga ribet. 
Setelah kita serahin berkas, nanti kita akan disuruh mengisi data pasien. Setelah itu berkas akan dikembalikan lagi kepada kita.


Keempat, setelah bawa berkas dari pendaftaran, berkas kita serahkan ke perawat jaga (biasanya nanti dibantu petugas, dimana harus serahkan berkasnya). Untuk kasus nenek saya ini karena polinya di lantai 2, jadi kita harus meletakkan berkas ke perawat di lantai 2 yang bertugas untuk mengukur tensi dan berat badan pasien. 
Setelah itu kita tinggal menunggu dipanggil oleh perawat untuk pengecekan pasien. Setelah ini biasanya kita disuruh tunggu sebentar sebelum diperiksa oleh dokter.


Kelima, setelah periksa dari dokter ada banyak kemungkinan, misalnya harus cek lab, tebus obat atau langsung ke kasir. 
Untuk laboratorium, farmasi dan kasir rawat jalan ada di lantai 1. Nah untuk tahap ini bisa dikondisikan ya sesuai dengan arahan dari perawat.

Selesai deh, 
Gampang kan? Ya ngga gampang-gampang amat sih. Hmmm, ngga enaknya itu ketika kita harus antree lama karena pasien yang banyak (jadi harus sabar-sabar ya). Sebelum berobat atau sekedar cek sebaiknya bawa bekal dari rumah, kalau ngga ya bisa beli di kantin bawah. Air minum dan roti wajib sih buat saya yang gampang laperan. Kemudian kalian disarankan untuk sampai di RS 2 jam sebelum dokter praktek. 
Kalau sudah punya surat konsul, sebaiknya melakukan booking terlebih dahulu agar pada saat konsul tidak menunggu terlalu lama (kecuali dokternya telat, hehe). Untuk bookingnya ini dibuka mulai pukul 13:00 WIB dan harus rela antree lama yaa.



Kira-kira segitu dulu yang bisa saya ringkas, semoga bisa menjadi gambaran buat kalian. Intinya kalau jadi pasien BPJS harus kooperatif dan mau nanya supaya ngga bingung ya. Kalau dalam tulisan saya ini ada kesalahan saya mohon maaf dan saya minta bantuannya untuk dikoreksi.

Komentar

  1. Terimakasih informasinya, membantu sekali.

    BalasHapus
  2. Tapi pada saat pandemik spt sekarang ini apa Kira2 antri rame juga ya ? Sbb saya mau dpt rujukan penyakit dalam di RS ini...mungkin ada yg tau atau pernah berobat dengan BPJS pada saat sekarang musim pandemik...mohon infonya utk yg tau...
    Terimakasih banyak atas infonya...

    BalasHapus
  3. Mau tanya donk pendaftaran dibukanya jam berapa ya? Pasien baru nih takut antri panjang

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Journey To The North